Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado perkuat kuliner pangan ikan guna menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Saat ini banyak wisman yang tertarik dengan kuliner pangan ikan di Sulut, sehingga pemerintah akan bersinergi dengan pelaku usaha untuk memperkuat dengan inovasi yang lebih tinggi," kata Wali Kota Manado Vicky Lumentut saat menikmati sajian kuliner ikan di RM Ocean27 di Manado, Senin.

Dia mengatakan Kota Manado selalu menarik perhatian daerah luar, kini banyak sekali kegiatan yang berskala nasional maupun Internasional yang diselenggarakan di Manado, Hal ini disebabkan Karena selain Manado terkenal dengan toleransi yang kuat dan memiliki tempat wisata yang tersohor indah, tetapi Manado juga punya beragam kuliner dengan kualitas terbaik tapi harganya terjangkau.

Walikota Lumentut membandingkan restoran di Jepang karena pada beberapa pekan lalu walikota makan di salah satu restoran seefood di Jepang tapi harganya sangat jauh berbeda dengan yang ada di Manado.

"Padahal bisa jadi ikan itu dari Manado, karena memang perairan Sulut menjadi habitat ikan dengan kualitas tinggi, Hal ini patut beralasan juga karena pihak Amerika Serikat pun tertarik berinvestasi di Sulut lewat bisnis perikanan, dan rencananya itu mereka akan kirim ke Jepang," jelasnya.

Potensi Perikanan Sulut sangat besar, kata Lumentut, untuk dikembangkan baik dari sisi industri, pariwisata maupun industri jasa seperti restoran dan rumah makan.

Ivanry Matu pemilik RM Ocean27 Malalayang yang juga adalah Presiden IMA Manado sambil berdiskusi tentang Kuliner Manado yang telah menjadi top 10 trend local versi Indonesia Marketing Association (IMA) Manado dan International Council for Small Business ICSB Sulut.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024