Sulut, Tahuna (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana meluncurkan produk minyak kelapa lokal sebagai minyak goreng yang digunakan sehari-hari.

"Hari ini saya luncurkan produk minyak kelapa lokal sebagai minyak goreng yang harus digunakan setiap hari," kata Bupati Jabes Gaghana, di Tahuna.

Menurut Bupati, peluncuran produk minyak kelapa lokal merupakan salah satu solusi yang diambil pemerintah kabupaten dalam membantu petani.

"Kami mengimbau masyarakat untuk mengolah kelapa menjadi minyak goreng untuk mengatasi harga kopra yang masih rendah," kata Bupati.

Dia mengatakan, sebagai langkah awal, pemerintah kabupaten telah mengundang sejumlah pengusaha agar menjual minyak kelapa lokal yang diproduksi masyarakat.

"Kami sudah mengundang pengusaha agar menjual minyak kelapa lokal pengganti minyak goreng yang diproduksi pabrik dengan harga yang terjangkau," kata Bupati.

Menurut Bupati, semua masyarakat di wilayah kepulauan Sangihe dimintakan agar mulai hari ini menggunakan minyak kelapa lokal sebagai minyak goreng.

"Mulai hari ini, semua masyarakat harus menggunakan minyak kelapa lokal pengganti minyak goreng pabrik," kata dia.

Dia juga mengharapkan masyarakat petani sudah harus berusaha membuat minyak kelapa guna memenuhi kebutuhan masyarakat

"Masyarakat harus berusaha memproduksi minyak kelapa lokal dalam jumlah yang banyak guna memenuhi permintaan pasar," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024