Manado (ANTARA) - Panitia khusus (Pansus) DPRD Manado yang membahas laporan keterangan pertanggungjawaban wali kota Manado 2018, menjadwalkan turun lapangan, di sela-sela pembahasan. 

"Pansus akan turun lapangan untuk melakukan uji petik, terhadap semua pertanggungjawaban kepala daerah, terhadap pelaksanaan APBD 2018, yang disampaikan oleh perangkat daerah," kata Personel Pansus, Sonny Lela, S.Sos, di Manado, Selasa. 

Ko Sonny, demikian sapaan akrab politisi partai Golkar itu mengatakan, memang sampai saat ini pihaknya sudah membahas lebih dari separuh pertanggungjawaban kepala daerah bersama dengan perangkat daerah, baik dinas, maupun badan dan bagian.  Personel Pansus LKPJ Sonny Lela, S.Sos. (jo) (1)
"Sejauh ini, apa yang dilaporkan oleh perangkat daerah, sama dengan yang disampaikan dalam buku LKPJ yang diserahkan dan kami bahas bersama, namun kami tidak menerima semuanya begitu saja atau mentah-mentah," katanya. 

Justru, menurut Sekretaris Komisi IV DPRD Manado itu, pihaknya akan melakukan uji petik di lapangan untuk memastikan kebenaran semua laporan dari perangkat daerah, dengan kata lain apakah benar dan sesuai data atau tidak. 

Nanti katanya, akan ada rekomendasi-rekomendasi yang diterbitkan  oleh DPRD sebagai lembaga yang membahas dan menilai pertanggungjawaban wali kota itu.  Pansus Rehat sejenak, usai pembahasan LKPJ Wali Kota, Selasa sore. (jo) (1)
"Jika memang tak sesuai, kami akan merekomendasikan perbaikan untuk dan harus dilakukan di tahun ini, termasuk hal-hal teknis lainya untuk membuat perubahan positif dalam pelaksanaan pemerintahan," katanya. 

Pembahasan LKPJ wali kota Manado dijadwalkan akan diselesaikan dalam pekan ini, sehingga hasilnya bisa segera diparipurnakan. ***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024