Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado, menyelesaikan penghitungan suara untuk daerah pemilihan (Dapil) Sario-Malalayang, dan menempatkan PDIP sebagai peraih suara terbanyak disusul Partai Demokrat dan Nasdem. 

"PDIP mengumpulkan suara sebanyak 10.329, kemudian demokrat sebanyak 9.432 dan nasdem 9.095," kata ketua KPU Manado, Sunday Rompas, di Manado, Kamis. 

Dia mengatakan setelah itu partai Golkar menyusul dengan perolehan suara, 5.166 suara, lalu perindo sebanyak 4.187 suara lalu Hanura sebanyak  3.854 suara.  Ketua KPU Manado Sunday Rompas (jo) (1)

Kemudian lainnya, seperti Gerindra mengumpulkan 2.178, PSI sebanyak 1.283, PKS sebanyak 1.662, lalu Garuda 262, Berkarya sebanyak 531, PAN 998, PKPI 145, PKB sebanyak 139 dan PBB 38 suara.  

Menurutnya, dari hasil hitung tersebut, sudah bisa terlihat mana partai yang mendapatkan kursi di DPRD Manado dan tidak, serta berapa banyak yang dimiliki. 

Namun hasil penghitungan tersebut, masih mengundang protes, meskipun sudah ditetapkan oleh KPU dalam pleno rekapitulasi di kantor penyelenggara pemilu Manado itu. Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda, SH (jo) (1) Sementara Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda, mengatakan, sejauh ini, penghitungan yang dilakukan sudah dilakukan sesuai dengan aturan, jika ada masalah langsung diperbaiki di tempat. 

"Jika memang ada yang salah langsung kami rekomendasikan mengambil tindakan, dan semuanya berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024