Manado (ANTARA) - PT BNI Kanwil Manado akan membuka layanan di ajang Festival Kuliner Ramadhan di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)  yang akan berlangsung selama bulan puasa.

"Kami menyiapkan EDC BNI untuk melayani transaksi TapCash BNI, seluruh Kartu Debit dan Kredit," kata CEO BNI Kanwil Manado Haris Agus Handoko di Manado, Kamis.

Dia menjelaskan Festival Kuliner Ramadhan menjadi icon Kota Manado Kota Toleransi Umat Beragama.

Festival Kuliner Ramadhan telah dilaksanakan sejak tahun 2011, katanya, bertempat di Kawasan Megamas Manado, salah satu distrik bisnis di kota Manado. 

Kegiatan tersebut telah menjadi kalender tetap yang konsisten dilaksanakan setiap tahun oleh Megamas Group, sebagai Pengelola Kawasan Bisnis Megamas Manado.

Penyelenggaraan tahun 2019, katanya, BNI mendukung festival tersebut sebagai bank partner yang menyediakan sistem pembayaran tunai (cashless) dengan media transaksi EDC dan alat pembayaran uang elektronik, kartu debit dan kartu kredit. 

Dalam Festival Kuliner Ramadhan ini melibatkan 25 UMKM menjadi merchant partisipan, dengan berbagai jenis makanan buka puasa yang khas nusantara. 

"Setiap merchant yang menjadi peserta disediakan EDC BNI untuk melayani transaksi TapCash BNI, seluruh Kartu Debit dan Kredit, bisa digunakan dalam berbelanja takjil, minuman dan makanan lainnya," jelasnya.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulut Abid Takalamingan mengatakan Festival Ramadan mulai di awal Mei 2019.

"Hal ini sudah beberapa tahun dilakukan, dan diharapkan akan memberi dampak pada semua sektor," kata Abid.

Abid mengatakan Baznas di Ramadhan akan melaksanakan berbagai kegiatan yakni jalan sehat Baznas, sebaran spanduk dan poster ajakan untuk beramal.

Kemudian acara di bulan Ramadhan yakni festival kuliner halal, Ramadan untuk mustahik, berbuka bersama anak yatim, festival musik sahur, festival busana taqwa untuk anak, optimalisasi ZIS dan masih banyak lagi.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024