Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, pemerintah daerah terus mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa memanfaatkan peluang sektor pariwisata.

"Posisi Sulut yang berada di bibir pasifik sangat strategis untuk perdagangan, bahkan untuk pengembangan sektor pariwisata," katanya di Manado, Selasa.

Pariwisata menjadi salah satu daya ungkit meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam rangka mendorong kesejahteraan masyarakat agar lebih maju.

Karena itu, kata Gubernur, pemerintah melakukan terobosan dengan membuka berbagai rute penerbangan langsung dari sejumlah kota di China serta beberapa negara tetangga, sambil terus membenahi infrastruktur penunjang pariwisata.

Hal itu dimaksudkan, agar arus kunjungan wisatawan semakin deras mendatangi provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu.

"Kita menargetkan sebanyak 200.000 kunjungan wisatawan mancenegara di sepanjang tahun 2019," ujarnya.

Pengembangan sektor pariwisata ini, kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dapat menjadi ruang yang bisa dimanfaatkan UMKM.

"Kita mempunyai kain tradisional serta kerajinan tangan, itu bisa dikembangkan untuk menjadi cenderamata yang bisa dibawa pulang wisatawan mancanegara ataupun nusantara ketika berkunjung ke Sulut," ajaknya.

Gubernur juga berharap, selain pemerintah provinsi, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) juga ikut membantu mengembangkan UMKM di provinsi ujung utara Sulawesi itu agar berkembang dan bisa mengisi ruang sektor pariwisata.

 


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024