Manado (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Manado menyatakan semua siswa SMP negeri dan swasta yang akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), telah melakukan berbagai persiapan untuk ujian nanti dengan melakukan uji coba atau "try out".

"Untuk menyiapkan para siswa, semua sekolah penyelenggara UNBK sudah melakukan uji coba atau try out, sehingga benar-benar pada waktunya," kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Manado, Jongke Mogontha, di Manado, Jumat. 

Mogontha mengatakan, try out sudah dilaksanakan sejak Maret lalu, dan sekolah juga sudah menyiapkan semua sarana prasarana, bersama para pemangku kepentingan untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK pada pekan terakhir April 2019. 

Meskipun menurutnya, belum semua sekolah mampu menyiapkan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan tetapi dengan kerja sama dengan pemangku kepentingan, maka peralatan bisa tersedia. 

Salah satu sekolah penyelanggara UNBK  SMP negeri I misalnya, kata Mogontha, meskipun sejak ditetapkan sudah melaksanakan UNBK namun masih meminjam gedung dan alat, tetapi tahun ini sudah mengupayakan agar melaksanakan di gedung sendiri. 

"Bahkan untuk komputer, juga diusahakan ada, meskipun memang masih meminjam milik siswa dan sebagian adalah milik sekolah, tetapi sudah melaksanakan di gedung sendiri," katanya. 

Mogontha mengatakan, sesuai dengan data yang ada, SMP negeri yang melaksanakan UNBK sebanyak 14 sekolah dan swasta  77 total SMP negeri dan swasta dimana ada yang mandiri dan bergabung. 

"Jadi total siswa SMP yang ikut UNBK tahun ini adalah sebanyak 7.455 yang berasal dari negeri dan swasta di Kota Manado, dan siap ujian pada 22 April nanti," kata Mogontha. 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024