Minahasa Tenggara, 12/2 (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara menyiapkan dana kelurahan sebesar Rp 3,2 miliar pada tahun anggaran 2019.
     "Untuk dana kelurahan kami sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,2 miliar untuk sembilan kelurahan. Rinciannya setiap kelurahan akan mendapatkan dana sekira Rp 365 juta," kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Minahasa Tenggara Mecky Tumimomor di Ratahan, Selasa.
     Dia mengungkapkan, pemberian dana  tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di setiap kelurahan.
     "Ini sudah menjadi arah kebijakan dari pemerintah untuk menyiapkan anggaran bagi kelurahan," ujarnya.
     Lebih lanjut kata Mecky, anggaran tersebut masih akan bertambah menjelang pertengahan tahun melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan.
     "Jumlah ini akan ditambah lagi bersumber dari DAU tambahan. Besarannya  akan bertambah sekira Rp 600 juta setiap kelurahan," jelasnya.
     Rincian penggunaan anggaran tersebut, menurutnya disesuaikan dengan petunjuk teknis yang akan diberikan kepada kelurahan.
     "Nantinya akan ada petunjuk teknis untuk penggunaannya. Bisa saja mekanisme akan sesuai dengan dana desa," tandasnya.***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024