Manado, (Antaranews Sulut) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana mengatakan upacara adat Tulude yang dilaksanakan setiap tahun merupakan bagian dari promosi wisata.

"Upacara adat Tulude yang dilaksanakan setiap tahun merupakan bentuk promosi wisata adat yang dimiliki masyarakat Nusa Utara," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai kabupaten induk akan menggelar upacara Tulude setiap tanggal 31 Januari.

"Setiap 31 Januari, Kabupaten Sangihe menggelar upacara adat Tulude sekaligus peringatan HUT daerah," kata Bupati.

Pelaksanaan Tulude tahun 2019 ini kata Bupati serangkaian dengan HUT daerah Sangihe yang ke-594.

Bupati Jabes Gaghana  mengharapkan kepada Kabupaten Talaud dan Kabupaten Sitaro sebagai daerah pemekaran dari Kabupaten Sangihe agar melaksanakan Tulude diluar tanggal 31 Januari.

"Karena tanggal 31 Januari merupakan HUT Kabupaten Sangihe, maka dihimbau kepada Kabupaten Talaud dan Sitaro agar tidak melaksanakan Tulude pada tanggal 31 Januari," kata Bupati

Kepala Dinas Pariwisata Jeffry Tilaar mengatakan, untuk perayaan Tulude 2019 maupun HUT daerah akan dipusatkan di pendopo rumah jabatan bupati.

Persiapannnya terus dimatangkan oleh panitia yabg sudah dibentuk.

"Berbagai persiapan sudah dimantapkan karena akan dipenuhi dengan berbagai acara adat, seperti pementasan kesenian daerah dan pesta rakyat,” kata Tilaar. 

Pelaksanaan upacara adat Tulude dan HUT daerah direncanakan akan dihadiri pejabat Provinsi Sulut serta pejabat pusat, tambah dia lagi.***4***


Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024