Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Tenggara mengakui serapan dana desa (Dandes) di daerah tersebut sebagian besar pada pembangunan infrastruktur.
 
   "Untuk peruntukan dana desa di Kabupaten Minahasa Tenggara sampai saat ini masih didominasi oleh pembangunan infrastruktur," kata Sekretaris DPMD Kabupaten Minahasa Tenggara Rommy Mewengkang di Ratahan, Senin.
 
    Dia menuturkan, pembangunan dengan menggunakan Dandes di 135 desa di Kabupaten Minahasa Tenggara merupakan infrastruktur dasar.
 
   "Masih banyak berupa infrastruktur dasar seperti ada jalan, saluran air, dan sejumlah fasilitas lainnya," katanya. 
   
   Selain itu infrastruktur penunjang lainnya, seperti beberapa desa di daerah pesisir pantai yaitu pembangunan tembok laut untuk mencegah abrasi di kawasan pemukiman.
 
   "Intinya infrastruktur penunjang ini menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di masing-masing desa," ujar Rommy.
     
  Sementara itu, Rommy mengingatkan kepada seluruh pemerintah desa agar banyak melibatkan masyarakat dalam setiap pekerja proyek.
   
  "Tujuan adanya dana desa ini untuk memberdayakan masyarakat. Makanya wajib pemerintah desa untuk melibatkan masyarakat di desanya masing-masing," tandasnya.***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024