Manado, (Antaranews Sulut) - Pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara diminta mengelola potensi wisata guna mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Potensi wisata yang ada di setiap kebupaten dan kota bisa dikemas sedemikian rupa agar memberikan manfaat perekonomian bagi masyarakat atau pelaku usaha," kata Asisten Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulut Edison Humiang di Manado, Kamis.

Saat ini, kata dia, kemajuan sektor pariwisata Sulut yang ditunjang segenap pihak terus memberikan dampak positif bagi perekonomian.

Pariwisata, telah memberikan dampak berantai bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Dia mencontohkan pada saat wisatawan menjejakkan kaki di daerah ini maka pelaku usaha transportasi, pengelola rumah makan, dan restoran, perhotelan atau penginapan serta penjaja souvenir akan terkena dampak positifnya.

Pemprov Sulut, lanjut dia, terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memacu produktivitas masyarakat untuk berani berwirausaha khususnya di sektor penunjang pariwisata.

"Kita dorong pelaku usaha dengan kreasinya dapat membuat souvenir yang khas, begitu juga dengan kulinernya," katanya.

Sekretaris Daerah Kota Bitung era Wali Kota Hanny Sondakh itu mengatakan pemerintah daerah juga membangun infrastruktur menuju ke destinasi-destinasi wisata di daerah.

 "Potensi-potensi wisata yang ada di setiap kabupaten dan kota harus dikembangkan, dikemas sedemikian rupa sehingga mampu menarik wisatawan," ujarnya.

Memperkenalkan potensi wisata daerah, lanjut dia, telah ditetapkan slogan "North Sula We See".

Slogan ini merupakan ajakan kepada masyarakat di seluruh penjuru dunia untuk melihat potensi, keindahan alam, serta keberagaman adat-istiadat, seni dan budaya yang tersebar di 15 kabupaten dan kota. ? (K011).

(T.K011/B/M028/C/M028) 08-11-2018 14:33:05

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024