Manado, (Antaranews Sulut) -Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengedukasi para nelayan soal pengelolaan ikan yang higienis.
 
  "Soal tata kelola pengelolaan ikan higienis, bahwa visi Kota Bitung kedepan yaitu menjadikan Kota Bitung sebagai kota yang bersih, ramah lingkungan, tetapi tetap produktif," kata Wali kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban didampingi Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung di Bitung, Senin.

    Dia mengatakan dari tingkat kelurahan dimbau untuk tetap mensosialisasikan pentingnya hidup bersih terlebih bagi para nelayan untuk tidak membuang sampah di laut. 

    Lomban mengatakan Menko Maritim pernah mengatakan bahwa Indonesia menjadi negara nomor dua terkotor di dunia dengan sampah plastiknya. Untuk itu pola kehidupan yang bersih harus mulai kita galakkan.

    Selain sangat sulit untuk terurai, sampah plastik mengandung racun yang sangat berbahaya bagi kehidupan Manusia.

    "Apabila racun tersebut dimakan ikan, maka secara langsung kita yang mengkonsumsi ikan yang tidak sehat dan hal itu akan merusak kesehatan kita," jelasnya.
    Pihaknya berharap Pelabuhan Perikanan Samudera untuk menindak tegas setiap nelayan yang membuang sampah di laut.

    "Buatkan manifest tentang hal ini, setiap kapal yang kembali melaut tanpa sampah dianggap melanggar dan harus dikenai sangsi, kedepannya Pemerintah Kota Bitung akan mengeluarkan peraturan daerah sehingga ada payung hukum yang akan mengatur hal ini," jelasnya.

    Pemkot juga meluncurkan Aplikasi Mamaland, merupakan aplikasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, lewat Mamaland masyarakat akan mengetahui secara akurat mengenai data-data terkait penataan ruang di Kota Bitung.

    "Saya berharap nantinya aplikasi ini dapat benar-benar membantu Pemerintah Kota Bitung dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

    Wali kota Bitung mengatakan bahwa visi Kota Bitung kedepan yaitu menjadikan Kota Bitung sebagai kota yang bersih, ramah lingkungan, tetapi tetap produktif. 

    Semua Perangkat Daerah wajib menyesuaikan dengan Visi-Misi Pemkot Bitung yang salah satunya menjaga kelestarian lingkungan lewat pola hidup bersih tanpa sampah plastik.***1***
 

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024