Minahasa, (Antaranews Sulut) - Bupati Minahasa Royke Roring mengingatkan kepada kepala perangkat daerah pada pemerintah kabupaten (Pemkab) memperhatikan serapan anggaran.

     "Saya minta ada perhatian dari setiap perangkat daerah dalam merealisasikan serapan anggaran serta dalam pekerjaan fisik," katanya saat memimpin rapat Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA) di Tondano, Rabu.

     Berdasarkan data pada tim EPPA Pemkab Minahasa, masih ada sejumlah kegiatan yang telah jatuh tempo namun belum dilaksanakan perangkat daerah.

    "Anggaran merupakan topik yang sensitif, dan banyak mendapat sorotan publik, begitu juga penyerapan anggaran yang lambat serta menumpuknya anggaran yang tidak terealisasi hingga akhir tahun," ujarnya.

     Beberapa kendala yang masih terjadi dalam penyerapan anggaran diharapakan dapat diselesaikan sesuai dengan target yang wajib dilaksanakan.

     "Selain itu pelaksanaan program dan kegiatan tidak sesuai jadwal, dikarenakan banyak faktor serta kekurangan pemahaman terhadap implementasi peraturan pemerintah. Ini harus diselesaikan," ujarnya.

     Roring meminta setiap perangkat daerah segera merealisasikan anggaran di setiap instansi menjelang akhir tahun.

     "Saya harap serapan anggaran bisa lebih dimaksimalkan, apalagi ini akan memasuki tahun anggaran," tandasnya.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024