Manado, (Antaranews Sulut) - Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, atas keberhasilannya mendapatkan opini wajar tanpa pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Sulut.

"Penghargaan diserahkan kepada 93 entitas di kementerian negara/lembaga, pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia atas prestasi mendapatkan opini WTP, termasuk Manado," kata Wali Kota Manado Vicky Lumentut di Manado, Selasa.

Dia mengatakan, menerima penghargaan tersebut bersama Wakil Wali Kota Mor Bastiaan didampingi Ketua DPRD Noortje Henny Van Bone di kantor wilayah Ditjen Perbendahaan Sulawesi Utara.

Lumentut mengatakan, berdasarkan penjelasan dari Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Utara, Muhdi, penghargaan tersebut diberikan sebagai tindak lanjut dari rapat kerja nasional akuntansi dan pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 yang digelar Direktorat Jenderal Perbendaharan Negara di Jakarta pada 20 September lalu.

Menurut Lumentut, selain Manado, penghargaan juga diterima oleh Wali Kota Bitung, Max Lomban, Tomohon Jemmy eman dan Bupati Minahasa, Royke Roring.

Sebagai kepala daerah, Lumentut menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut sebab merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap upaya sungguh-sungguh Pemkot Manado memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara sebagai fondasi kuat dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri dan berdaya saing.

Sementara itu, Ketua DPRD Manado, Noortje Heny Van Bone yang mendampingi wali kota dan wakil wali kota menerima penghargaan tersebut, ikut memberikan apresiasi kepada pemerintah atas upaya maksimal memperbaiki laporan keuangan.

"Sebagai lembaga yang juga memiliki fungsi penganggaran dan pengawasan pemerintahan, kami turut berterima kasih dan berharap sinergitas kerja antara eksekutif dan legislatif makin baik, sehingga pemanfaatan anggaran benar-benar maksimal dan terarah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," katanya.

Van Bone juga mengingatkan agar penghargaan yang diterima dapat dijadikan sebagai motivasi untuk makin makin baik dalam mengelola keuangan terutama melaksanakan APBD ke depan. 


(KR-JHB).

(T.KR-JHB/B/N002/C/N002) 16-10-2018 13:25:12

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024