Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara mengaku akan membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pemutakhiran data pemilih.

"Dalam proses pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan KPU, kami dari Disdukcapil akan siap membantu jika mereka (KPU) meminta bantuan dalam pemutakhiran data," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Minahasa Tenggara David Lalandos di Ratahan, Senin.

Menurut, dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) khususnya dalam tahapan pemutakhiran, pihaknya akan melakukan sinkronisasi terkait data penduduk.

"Termasuk jika diperlukan, kami akan melakukan sinkronisasi data pemilih dengan KPU," katanya.

Dia menuturkan, sebagai pembanding pihaknya telah menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada KPU.

"Kami memang sudah menyerahkan data DP4. Tapi jika dalam pemutakhiran ini masih diperlukan data masyarakat yang sudah wajib pilih untuk diperiksa lagi kami siap membantu," ujarnya.

Dia pun berharap, dengan adanya keterlibatan Disdukcapil dalam pemutakhiran tersebut diharapkan data pemilih di Minahasa Tenggara dapat berkualitas.

"Intinya kami juga berharap data pemilih berkualitas. Dan tidak ada masyarakat yang kehilangan hak pilihnya," tandasnya.

(T.KR-AIK/C/Y008/Y008) 15-10-2018 19:25:20

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024