Manado, 15/10 (Antaranews Sulut) - Sekolah di Kota Manado mendukung program Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat dalam pelaksanaan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).
    Kepala SMP ST Hubertus, Mareyke Mangundap, di Manado, Senin, mengatakan mendukung sosialisasi bahaya Narkoba serta P4GN yang dilakukan BNN.
    "Program ini sangat penting bagi anak-anak sekolah, dan berharap kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun," kata Mareyke disela-sela kunjungan BNN Kota Manado di sekolah tersebut.
     Ia mengatakan dengan sosialisasi ini para siswa dapat mengetahui atau memiliki wawasan tentang bahaya dari menggunakan Narkoba. 
     "Anak-anak akan mengetahui kalau menggunakan itu, akan fatal bagi kehidupan mereka. Dengan sosialisasi ini anak-anak mendapatkan pemahaman tentang bahaya Narkoba," katanya.
     Ia menambahkan, berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada BNN yang telah melaksanakan sosialisasi ini, dan berharap dapat terus dilaksanakan.             
      Kasi Pencegahaan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Manado, Diane Kawatu mengatakan ada tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni sosialisasi bahaya Narkoba,  pemeriksaan mendadak tas para siswa serta tes urine siswa.
     Ini merupakan program pemberdayaan masyarakat dengan  mengajak sekolah-sekolah termasuk lingkungan pendidikan umum untuk mendukukung program P4GN.
     Kegiatan ini juga merupakan monitoring dan evaluasi terhadap program yang telah dilaksanakan setahun lalu di sekolah tersebut. 
     Sebelumnya juga telah dilakukan program sosialisasi dan pemberdayaan di sekolah ini.
     "Hasil dari monitoring dan evaluasi ini, telah berjalan dengan baik, dimana sekolah ini menjadi sekolah kawasan antinarkoba," katanya.
     Ia menambahkan dari pelaksanaan tes urine terhadap sekitar 20 siswa yang diambil sebagai sampel,  hasilnya semuanya negatif.
    SMP St Hubertus terletak di Singkil memiliki sekitar 203 murid dengan enam kelas.
     Selain SMP St Hubertus, kegiatan serupa dilakukan BNN Kota Manado juga di Madrasah Tsanawiyah Negeri Manado. ***4***


 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024