Manado, (Antaranews Sulut) - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komwil VI berencana menggelar lokakarya kemaritiman di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, 5-7 Oktober 2018.

"Sebanyak 17 wali kota akan datang ke Kota Cakalang, sebutan lain Kota Bitung," kata Wali Kota Bitung, Maximiliaan J Lomban di Bitung, Rabu.

Lomban mengatakan penetapan Kota Bitung sebagai tuan rumah sesuai dengan keputusan rapat teknis Apeksi Komwil VI yang dipimpin ketua Apeksi Komwil VI Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, di Kota Makassar bulan Agustus lalu.

"Rapat kerja saat itu membicarakan berbagai program kerja kota-kota anggota Apeksi Komwil VI, Rakernas Apeksi tahun 2019 dan penetapan Kota Bitung sebagai tuan rumah Workshop Apeksi Komwil VI," ujarnya.

Lokakarya padal 5-7 Oktober 2018 di Kantor Wali Kota Bitung dengan mengambil tema "Penataan Kesiapan Sumberdaya Manusia Meraih Kejayaan Nusantara Dengan Visi Maritim".

Lokakarya itu akan menghadirkan narasumber dari Menko Bidang Kemaritiman Dwisuryo Indriyono Soesilo yang akan menyampaikan pandangannya tentang Strategi Maritim Pembangunan Indonesi,a dan Tri Mumpuni Iskandar selaku Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (Ibeka) Indonesia.

"Kegiatan ini juga bertepatan dengan pembukaan iven kebanggaan Kota Bitung Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) pada 6 Oktober, sehingga embukaannya akan disaksikan peserta Lokakarya Apeserta Komwil VI," katanya.

Workshop Apeksi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman tentang kemaritiman yang berefek kepada penataan kesiapan sumber daya manusia dalam bidang kemaritiman serta membangun jejaring kerjasama pengembangan kemaritiman antarkota anggota Apeksi Komwil VI.



(T.KR-NCY/C/A013/A013) 03-10-2018 11:46:00

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024