Manado, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) optimistis optimalisasi Usaha Kesehatan Sekolah-Madrasah (UKS-M) dapat meningkatkan sumber daya manusia di daerah itu.

"UKS-M memiliki manfaat dan peran strategis bagaimana menciptakan manusia-manusia yang memiliki pengetahuan dan wawasan di samping sehat jasmani dan rohani," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang di Manado, Selasa.

UKS-M, lanjut Humiang dibentuk untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta derajat kesehatan peserta didik.

"Apabila sektor pendidikan dan kesehatan kita pacu maka secara langsung akan memberi dampak pada peningkatan sumber daya manusia," katanya.

Menurut Sekdakot Bitung era Wali Kota Hanny Sondakh, kunci sukses kegiatan UKS/M terletak pada berbagai program kerja dan metode pembinaan yang saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab tim pembina.

"Sudah menjadi kewajiban kita mencari, menemukan dan memantapkan metode pembinaan serta program kerja yang tepat sasaran dalam pengembangan UKS-M di daerah," ujarnya.

Menurut Humiang, UKS-M adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis, dan jenjang pendidikan.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan pekembangan yang harmonis peserta didik.

"Sasaran kegiatan ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bersama antara Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri ini meliputi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat sekolah," sebutnya.

Kegiatan pokok UKS-M meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

(K011).

(T.K011/B/I006/C/I006) 28-08-2018 08:48:23

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024