Manado, 11/8 (Antaranews Sulut) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) memperkenalkan situs blanja.com pada peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018 di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

"Kami melakukan ini, agar peserta SMN dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengetahui bahwa pemerintah juga memiliki akses pasar online bagi pelaku usaha di seluruh Indonesia," kata PIC Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI Cabang Manado Pondy Yanuar di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan Blanja.com merupakan sebuah kerja sama antara Telkom Indonesia dan eBay. Memiliki konsep sebagai Online-Marketplace, blanja.com memiliki lebih dari ribuan belanja yang menawarkan berbagai produk dari bermacam kategori yang dimilikinya.

Sebagai media belanja online, katanya, selain variasi produk yang beragam juga memiliki hubungan kerja sama dengan sejumlah bank terdepan di tanah air seperti Mandiri, BNI, BCA, BRI, BTN, Mega, Niaga, ANZ, BII.

Blanja.com sejatinya adalah situs market place hasil kerja sama antara induk usaha Telkomsel, Telkom Indonesia dengan eBay, yang bernaung di bawah payung PT Metra Plasa.
  Pemilik usaha Owi Art and Craft Manado Tammy William Gerrits sebagai UMKM binaan BRI saat menjelaskan akses pasar Blanja.com pada peserta SMN di Manado, Sabtu. (1)
Kemitraan antara dua perusahaan tersebut diyakini dapat menyatukan kekuatan, dimana Telkom dikenal sebagai perusahaan telecommunication, information, media and edutainment (TIME) serta network provider terbesar di Indonesia, dengan eBay sebagai perusahaan online marketplace terbesar di dunia sekaligus pemimpin industri mobile commerce.

Dia mengatakan kemitraan strategis dengan pemimpin di industri e-commerce dunia ini diyakini dapat meramaikan pasar online dan menghubungkan MetraPlasa dengan ratusan juta merchant, baik lokal maupun global dan menjadikan TelkomMetra pemimpin pasar e-commerce (C2C) di Indonesia dan di wilayah regional.

Karyawan RKB BRI Megel Lalamentik mengatakan di Blanja.com semua UMKM di Indonesia diwajibkan memajang produk asli sehingga masyarakat tidak merasa dibohongi.

"Kami mengupayakan agar UMKM di Sulut bisa mengakses pasar online karena sudah menjadi tututan zaman," katanya.

RKB BRI, katanya, akan terus memberikan pemahaman, edukasi dan pelatihan bagi UMKM binaan BRI sehingga berkembang baik.



(T.KR-NCY/B/A025/A025) 11-08-2018 17:01:21

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024