Manado, (Antaranews Sulut) - Sebanyak 450 orang calon haji (Calhaj) asal Sulawesi Utara (Sulut), Jumat sore, yang termasuk dalam kloter 12 masuk asrama, di Tuminting. 

     "Calhaj yang masuk Jumat sore, dalam kloter 12, berasal dari Manado, Bitung, Sitaro, Minahasa, Tomohon, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara serta tim pemandu haji daerah," kata Asisten II Pemerintah Kota Manado, Rum Usulu, di Manado, Jumat. 

     Dia mengatakan, para Calhaj itu, masuk pada Jumat sore, diantarkan pemerintah serta keluarga dan handari tolan dari wilayah masing-masing. 

     Usulu mengatakan, untuk tahun ini, Calhaj yang masuk ke asrama haji di Tuminting akan menginap di hotel yang sudah terbangun, sambil menunggu pemberangkatan ke embarkasi. 

     Dia mengatakan, Calhaj yang masuk ke asrama haji itu, pada tanggal 11 pukul 04.00 Wita, langsung diberangkatkan menuju embarkasi Balikpapan, kemudian meneruskan penerbangan ke Jeddah, Arab Saudi.

     Secara rinci, menurut Usulu, Calhaj asal Manado berjumlah 238 orang, Bitung sebanyak 133 orang, Sitaro dua orang, Minahasa 38 orang, Tomohon sembilan orang, Minasaha Tenggara 12 orang, Minahasa Utara 19 orang dan TPHD dua orang. 

     Dia berharap kiranya, Calhaj bisa menjalankan ibadah dengan baik sambil tetap menjaga kesehatan, sehingga bisa mendapatkan haji yang mabrur, dan kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat. 

     Sementara salah satu pengantar keluarga, Rosita, mengatakan mengantar ibunya yang akan menjalankan ibadah haji, dan berharap dapat kembali dengan sehat dan selamat di Indonesia. 

     "Semoga juga bisa mendapatkan haji yang mabrur, tetap ada dalam lindungan Allah SWT, sehingga bisa kembali berkumpul keluarga setelah menjalankan ibadah selama 45 hari," katanya. ***4***       

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024