Tomohon, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) memantapkan program ketahanan dan kesejahteraan keluarga berbasis kegiatan operasional tribina.

"Ada tiga kelompok yang terkait langsung dengan ketahanan dan kesejahteraan keluarga," kata Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold V Lolowang di Tomohon, Rabu.

Ketiga kelompok tersebut yaitu "Bina Keluarga Balita", "Bina Keluarga Remaja" dan "Bina Keluarga Lanjut Usia".

"Tribina merupakan program yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang balita dan anak remaja," katanya.

Pengetahuan dan keterampilan itu berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yang mencakup fisik, motorik, kecerdasan dan emosional serta sosial ekonomi.

Tribina lanjut Sekdakot, juga berguna untuk meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan masa lanjut usia yang produktif, mandiri dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan masyarakat.

Sebagai orang tua, lanjut dia, harus memahami dan menerapkan fungsi keluarga dalam kehidupan setiap hari seperti fungsi agama, sosial dan pendidikan, ekonomi, sosial budaya, pendidikan serta lingkungan.

"Hal ini penting dalam meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat," ujarnya. 

Pemerintah kota, lanjut dia, memberikan apresiasi tinggi kelompok tribina sebagai ujung tombak ketahanan keluarga di tiap kelurahan yang terus berperan menyukseskan program keluarga berencana nasional melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, dan peningkatan kesejahtraan keluarga.



(T.K011/B/G004/B/G004) 18-07-2018 20:39:07

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024