Manado, 19/7 (Antara) - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara mencanangkan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Manado sebagai Kampus Sadar Hukum, di daerah itu.
    Pencanangan itu dilakukan Kepala Kejati Sulawesi Utara (Sulut) M. Roskanedi melalui Asisten Intelijen J. Devy Sudarso di dampingi Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Dra Elisabeth Natalia Barung, M.Kes, Apt bersama jajaranya, saat pelaksanaan program "Jaksa Masuk Kampus" di Manado, Kamis.
    Asintel Kejati Sulut J Devy Sudarso mengatakan bahwa program Jaksa Masuk Kampus tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak tugas dan fungsi Kejaksaan di bidang ketertiban dan ketentraman umum.
     Sebagaimana diamanatkan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan Republik Indonesia khususnya dalam ketentuan pasal 30 ayat (3) menyebutkan bahwa di bidang ketertiban dan ketentraman umum, Kejaksaan turut menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran hukum masyarakat.  
      "Peningkatan kesadaran hukum masyarakat termasuk didalamnya mahasiswa dan mahasiswi, kami lakukan dengan melaksanakan Program Jaksa Masuk Kampus dan Pencanangan Kampus Sadar Hukum," katanya. 
     Ia mengatakan program ini merupakan wujud tanggung jawab Kejaksaan dalam menciptakan generasi muda yang taat hukum dan anti korupsi. 
     Sikap taat hukum dan anti korupsi ini harus ditanamkan sejak muda, sejak usia sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA bahkan sampai Perguruan Tinggi.
     Program ini juga merupakan salah satu bentuk langkah strategis dalam mendukung terwujudnya revolusi karakter bangsa sebagaimana tercantum dalam agenda pembangunan nasional (Nawa Cita) kedelapan yaitu melaksanakan Revolusi Karakter Bangsa Bidang Pendidikan Nasional yang didukung dan dilaksanakan melalui langkah strategis dan efektif.      
     "Sehingga Kegiatan Jaksa Masuk Kampus ini adalah merupakan agenda kegiatan Presiden dan Wakil Presiden RI yang harus dilaksanakan sampai pada tahun 2019," katanya.  
      Ia mengatakan banyak sekolah-sekolah di Manado, yang dikunjungi untuk melaksanakan penyuluhan hukum seperti ini baik di tingkat SMP maupun SMA dan Kantor-Kantor Pemerintah. 
     Sedangkan untuk tingkat perguruan tinggi Poltekkes Kemenkes Manado mendapatkan kehormatan sebagai tempat perdana di Kota Manado bahkan Propinsi Sulawesi Utara yang dikunjungi Kejati Sulut sekaligus melaksanakan pencanangan Kampus Sadar Hukum.  
    "Terima kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Manado bersama jajaran yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini serta  adik-adik mahasiswa yang telah menghadirinya," katanya.
     Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Elisabeth Natalia Barung mengatakan menyampaikan terima kasih kepada Kejati yang telah mempercayakan Poltekkes Manado untuk pencanangan Kampus Sadar Hukum. ***2*** 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024