Bitung, (Antaranews Sulut) - Kota Bitung sebagai satu-satunya kota industri di Provinsi Sulawesi Utara(Sulut) membangun kawasan industri dengan menerapkan konsep Low Carbon Model Town (LCMT).

"LCMT menjadi konsep yang strategis diimana sebagai penduduk Kota Bitung dapat terus meningkatkan pembangunan ekonomi sambil terus diingatkan untuk menjaga kelestarian lingkungan," kata Sekretaris Kota Bitung Dr Audy Pangemanan ketika membuka membuka  Forum Group Discussion Roadmap LCMT Kota Bitung di Balai Pertemuan Umum BPU (10/7).

"Dengan sistem pengembangan kawasan industri yang ramah lingkungan,  dapat menciptakan standar kehidupan ekonomi yang lebih modern bersamaan dengan pembangunan kehidupan sosial yang inklusif dan lingkungan yang baik," kata Pangemanan 

Lanjutnya, untuk mengurangi dan mencegah polusi tanah, pemerintah terus menggenjot proses pengolahan sampah kota  baik sumbernya hingga perbaikan dan perubahan area TPA kota. Tak hanya itu, program 3R, Go Green , 5 bersih dan penggunaan non plastik material terus disosialisasikan dalam rangka mencegah polusi air.

"Diwajibkan setiap usaha atau kegiatan yang akan membuang limbahnya ke laut atau sumber air baik limbah produksi maupun limbah domestik untuk memiliki instalasi pengolahan air," kata Pangemanan.

Turut hadir Kepala Bappeda Kota Bitung Marchiano Lomban. Manajer PT PLN Area Manado  Kuswanto .ST.MM.M.Hum . Kabid Energi Dinas ESDM Daerah Prov Sulut  Ir .Aeneddictus Brahmsputra .

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024