Sangihe,  (Antaranews Sulut) - Aktivitas Gunung Karangetang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, menunjukkan peningkatan beberapa hari ini, kata Kepala pengawas gunung api setempat Yudi Tatipang, Selasa.

Gempa tektonik dibawah gunung sejak beberapa hari yang lalu terjadi peningkatan, kata Yudi Tatipang di Siau.

Masyarakat yang berada di bawah kaki gunung api Karangetang diminta tetap beraktivitas seperti biasa sambil meningkatkan kewaspadaan.

"Kami minta masyarakat tetap tenang sambil meningkatkan kewaspadaan saat berada di dekat gunung," kata dia.

Ia mengatakan, masyarakat kabupaten Sitaro khususnya yang berada di pulau Siau sudah terbiasa dengan aktivitas gunung api Karangetang yang setiap saat mengeluarkan asap serta api.

"Sekalipun masyarakat sudah terbiasa dengan peningkatan aktivitas Gunung Karangetang namun tetap diminta waspada," kata dia.

Menurut dia, kegiatan Gunung Api Karangetang ?yang selalu mengeluarkan api dan asap menjadi hal yang biasa bahkan menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat. Namun sebagai petugas yang diberikan kewenangan mengawasi aktivitas gunung Karangetang memiliki kewenangan untuk terus menginformasikan kepada masyarakat setiap aktivitas gunung.

"Kami memiliki kewenangan untuk secara berkala menginformasikan aktivitas Gunung Karangetang kepada masyarakat," kata dia.

Ia berharap aktivitas Gunung Karangetang segera normal sehingga masyarakat kembali beraktivitas secara normal. (KR-JRL).


(T.KR-JRL/B/R010/C/R010) 03-07-2018 16:50:28

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024