Manado, (Antaranews Sulut) - Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat, Selasa, melakukan kampanye "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat" (Germas).

"Mari sama-sama kita menyukseskan program Germas agar tercipta kehidupan lingkungan masyarakat yang sehat," kata Ketua TPPKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan.

Kesehatan, kata istri Gubernur Sulut merupakan salah satu faktor penting bagi kemajuan bangsa, sekaligus indikator pencapaian kesejahteraan suatu daerah.

"Germas harus intensif disosialisasikan sehingga memunculkan kesadaran penuh masyarakat," ujarnya.

Sedangkan, Kepala Diskes Sulut, Debie Kalalo, mengatakan, Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 telah ditetapkan gerakan bersama masyarakat Indonesia untuk mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yakni "Germas".

Gerakan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat, dengan prinsip-prinsip antara lain, kerja sama multi sektor, keseimbangan masyarakat, keluarga dan individu.

Karena itu, sebagai bentuk sinergitas dukungan atas gerakan ini, telah diterbitkan Peraturan Gubernur Nomor 76 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Provinsi Sulut.

"Sebagaimana prinsipnya, suksesnya gerakan ini akan ditentukan oleh sinergitas segenap pihak. Penting bagi semua elemen masyarakat untuk menyukseskan program ini demi kesejahteraan bersama," kata Debie.

(K011).



Alex Sariwating

(T.K011/B/L005/C/L005) 03-07-2018 10:38:15

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024