Minahasa (AntaraNewsSulut) - Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Utara Rita Dondokambey-Tamuntuan didampingi Ketua TP PKK Minahasa Helly Grace Mewoh-Pongoh melaksanakan panen rica(cabai) di perkebunan Halaman Asri Teratur Indah Nyaman (Hatinya) PKK, dalam rangka penilaian lomba Hatinya PKK tingkat provinsi, (4/6) Senin.

Setelah melakukan panen rica, Ketua TP PKK Sulut bersama tim penilai meninjau persiapan di beberapa tempat halaman warga yang sudah ditanami  tanaman dapur hidup, tanaman obat dan tanaman hias.

Ketua TP PKK Minahasa Grace Mewoh-Pongoh menyampaikan Hatinya merupakan salah satu program pokok PKK, dimana sejauh ini masyarakat telah berupaya dengan pendampingan oleh ibu-ibu di kabupaten, kecamatan dan instansi terkait.

"Tentang pemanfaatan halaman pekarangan sebagai sumber gizi pangan keluarga, saya mengharapkan dalam mewujudkan pemenuhan pangan dan gizi keluarga masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam beraneka ragam tanaman seperti cabai, tomat, sayur-sayuran dan berbagai bumbu dapur sebagai dapur hidup dan tanaman obat keluarga," ungkap Grace didampingi Wakil Ketua Ive Korengkeng Warouw, Sekretaris dr Alda Kusoy dan anggota pengurus TP PKK.

Tim Penilai tingkat provinsi Sulut Youke Besouw-Rumpesak  didampingi Jein Kodowati-Sumilat menyampaikan bahwa persiapan lomba Hatinya PKK Desa Kanonang dua ini sudah baik, namun memang perlu pendampingan dari kabupaten dan kecamatan.

"Untuk penilaian pada dasarnya semua halaman yang ada harus dimanfaatkan dengan menanam tanaman kebutuhan keluarga. PKK di tingkat desa harus proaktif mendampingi masyarakat dalam menata dan menanam tanaman. Terlebih penting partisipasi dari masyarakat setempat bagaimana memanfaatkan potensi yang ada termasuk  menjaga tanaman agar tetap terpelihara dengan baik," tuturnya.

Ketua TP PKK desa Kanonang Dua, Mikro Rawis-Paendong menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan lomba Hatinya PKK sehingga  dipercayakan  menjadi utusan  tingkat provinsi.

"Jika provinsi mempercayakan untuk diutus ke tingkat nasional, kami siap," ujarnya. ***

Pewarta : Martsindy Adelfrits Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024