Manado, (Antaranews Sulut) - Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) siap melayani sistem kelistrikan khususnya di sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara.

"Nelayan yang membutuhkan listrik, PLN siap pasok," kata General Manager PLN Sulawesi Utara Sulawesi tengah Gorontalo (Suluttenggo) Edison Sipahutar di Manado, Kamis.

Pada prinsipnya, kata Edison, PLN siap melayani masyarakat di semua sektor.

Untuk memasok listrik ke kapal sandar yang berfungsi sebagai "floating cold storage" (kapal pendingin terapung) di tengah laut, kata dia, belum ada.

Manajer PLN Area Manado Paultje Mangundap menambahkan bahwa PLN sudah melayani kapal pendingin di daratan. Adapun lokasinya, yakni di Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kota Manado.

Kebutuhan listrik para nelayan di daratan, menurut dia, sudah dilayani dengan baik, bahkan akan terus ditingkatkan.

PT PLN (Persero) Area Makassar Utara memasok listrik ke kapal sandar yang berfungsi sebagai kapal pendingin terapung milik PT Perikanan Nusantara. Pasokan listrik PLN ke "floating cold storage" tersebut mencapai 240 kilovolt ampere.

Pasokan ke kapal terapung ini merupakan pertama kalinya dilakukan di Indonesia. Langkah ini, katanya lagi, sebagai bentuk dukungan serta komitmen PLN dalam mendukung investasi bisnis perikanan di kawasan Pelabuhan Perikanan Untia dan merupakan bentuk nyata Sinergi BUMN antara PLN dan Perikanan Nusantara.



(T.KR-NCY/C/D007/D007) 24-05-2018 12:24:30

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024