Manado, (Antaranews Sulut) - Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan anggaran sebesar Rp9 miliar untuk membangun Pusat Komando (Command Center).

"Sekarang ini sudah pada tahapan lelang," kata Kepala Dinas Jeti Pulu di sela-sela sosialisasi Keputusan Gubernur Nomor 461 Tahun 2017 tentang Pembentukan Layanan Informasi dan Dokumentasi serta Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di jajaran Pemerintah Provinsi Sulut di Manado, Kamis.

"Pusat Komando" data dan informasi ini akan memberikan kontribusi strategis bagi pengembangan pembangunan di daerah berpenduduk lebih dari 2,4 juta jiwa itu.

Selain itu, masyarakat bisa mendapatkan informasi yang akurat karena untuk mendapatkannya melalui satu pintu, yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Provinsi Sulut.

"Data yang kemudian dapat diberikan kepada publik ini berasal dari semua satuan kerja perangkat daerah, dikumpulkan, kemudian diolah. Jurnalis juga bisa mendapatkan informasi untuk dipublikasi," ujarnya.

Soal sumber daya manusia yang dipekerjakan, kata dia, semua harus melalui bimbingan teknis, profesional, dan memiliki sertifikat.

"Pusat Komando ini harus dikelola para profesional yang kompeten di bidangnya. Dibutuhkan programmer, desain grafis, dan aplikasi. Saya optimistis fasilitas yang dibangun pemerintah ini akan memberikan dampak positif pada masyarakat," ujarnya.

Apabila masyarakat ingin mendapatkan informasi tentang layanan penyediaan fasilitas, tenaga kesehatan, dan data lainnya, misalnya, bisa langsung diklik dinas kesehatan.

"Setelah diklik bisa langsung terlihat data yang dibutuhkan. Semua data dari SKPD akan terintegrasi. Ini juga adalah bagian dari keterbukaan informasi publik. Dalam hal ini, masyarakat bisa mengakses data yang disiapkan oleh Pemerintah," ujarnya.



(T.K011/B/D007/D007) 24-05-2018 10:32:51

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024