Manado, (Antaranews Sulut) - Tim gabungan perekonomian Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, mengintensifkan pemeriksaan ke semua gudang-gudang distributor kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas), untuk memastikan tidak ada penimbunan.

"Kami meningkatkan pemeriksaan rutin ke seluruh gudang-gudang bahak kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) untuk memastikan ketersediaan cukup," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manado Meisje Wollah, di Manado, Jumat.

Wollah mengatakan tim gabungan melakukan pemeriksaan setiap hari, sambil mengingatkan para pengusaha terutama distributor dan pedagang besar agar tidak menimbun kebutuhan pokok.

"Kami mengingatkan distributor dan pedagang besar kebutuhan pokok, agar tidak mengambil untung dengan cara yang tidak wajar di saat kebutuhan sedang naik," katanya.

Dia menegaskan, jika ada yang ambil untung dengan melakukan penimbunan Kepokmas, baik berupa beras, gula, minyak goreng, telur, bahan bakar, sampai susu dan kebutuhan lainnya akan langsung ditindak tegas.

Karenanya, kata Wollah, pihaknya mengawasi ketat persediaan dan peredaran Kepokmas di pasaran, sehingga jika ada yang kurang atau mulai mempengaruhi harga langsung dicari ke akarnya.

Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone mengatakan langkah pemerintah, dalam hal ini tim perekonomian, patut diapresiasi sebab itu adalah hal yang positif untuk menjaga kebutuhan pokok di daerah.

"Apalagi kan ini kebutuhan sedang naik, karena puasa dan akan lebaran, jadi memang pemeriksaan harus terus dilakukan supaya tidak ada yang nakal dan ambil untung di situasi seperti ini," kata Van Bone.

Selain itu, kata Van Bone, DPRD juga terus mengingatkan masyarakat termasuk pengusaha yang merupakan warga Manado untuk selalu bersama menjaga Kepokmas, jangan menimbun karena akan menyengsarakan masyarakat juga.



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 18-05-2018 20:04:36

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024