Manado,  (Antaranews Sulut) - Pemerintah kota (Pemkot) Manado, mengintensifkan razia KTP para pendatang serta memeriksa rumah kos, penginapan sampai tempat tinggal yang dicurigai.

"Kami mengintensifkan pemeriksaan setiap hari, termasuk menjaga pintu masuk dan keluar kota di Manado," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Manado, Xaverius Runtuwene, di Manado, Rabu.

Xaverius mengatakan, dalam melakukan razia tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait seperti aparat kepolisian dan TNI AD terutama yang berada di wilayah seperti Koramil.

Dia mengatakan, dalam melakukan pemeriksaan di seluruh wilayah kota Manado, pihaknya pun berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan sehingga lebih mudah.

"Karena yang paling mengenal warganya adalah lurah dan kepala lingkungan, maka dilakukan secara bersama sehingga berjalan dengan baik," katanya.

Selain itu, dia mengatakan di setiap pintu masuk kota Manado baik dari arah Selatan, Timur dan Utara diperiksa dengan ketat KTP diperiksa dengan seksama untuk memastikan apakah sesuai, jika ada yang mencurigakan langsung diperiksa lanjut.

Sedangkan untuk rumah-rumah tinggal serta tempat-tempat kos, diperiksa juga dengan ketat, jika ada yang tak memiliki KTP atau identitasnya tak sesuai juga diperiksa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara ketua Komisi C DPRD Manado, Lily Binti, mengingatkan pemerintah kota agar melakukan razia dan pemeriksaan KTP dengan teliti, jangan sampai lengah atau mengabaikan kemungkinan-kemungkinan yang ada. Ketua Komisi C DPRD Manado, Lily Binti,SE (1) Dia mengatakan, jangan sampai lengah dan menjadi kesempatan bagi para untuk melancarkan aksinya, sebisanya lakukan langkah pencegahan, sambil tetap menjaga situasi agar kondusif.

Karena menurut Binti, Manado sekarang ini sedang ramai-ramainya dikunjungi wisatawan, jangan sampai ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi dan akan berdampak pada kondisi pariwisata dan perekonomian kota.





(T.KR-JHB/B/H005/H005) 16-05-2018 17:42:01

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024