Manado, (Antaranews Sulut) - DPRD Manado meminta dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) setempat untuk mendorong peningkatan prestasi siswa terutama yang belajar di sekolah negeri.

"Sekarang sudah 72 tahun Indonesia merdeka, tentu kita semua berharap yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia khususnya Manado," kata Sekretaris Komisi D DPRD Manado, Sonny Lela, S.Sos bersama Ketua Komisi Apriano Saerang, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan, dalam beberapa tahun belakangan ini, prestasi dunia pendidikan khususnya sekolah negeri di Manado turun drastis dengan berbagai sebab.Harus ada solusi yang dilakukan untuk menyelesaikannya.

Sebab menurutnya, kemajuan dunia pendidikan adalah gambaran kemajuan bangsa, sehingga harus terus dipacu dan DPRD memiliki kewajiban untuk ikut melakukannya.

Lela berharap para pemangku kepentingan akan makin berpartisipasi aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama di sekolah-sekolah negeri, meskipun juga tak boleh mengabaikan yang swasta.

"Supaya para siswa Manado khususnya yang mengenyam pendidikan di sekolah negeri bisa mencetak prestasi di tingkat nasional kalau perlu sampai ke internasional," katanya.

Dia mengakui belakangan prestasi para siswa yang berasal dari SD maupun SMP negeri merosot sehingga sempat mengkhawatirkan, jadi perlu didorong agar bangkit kembali.

Dia menyebutkan prestasi saat OSN di Manado dimana juara didominasi siswa sekolah swasta cukup menjadi bukti bahwa mutu pendidikan di sekolah negeri menurun, sehingga harus didorong tersebut.

Menurut Lela, penyebabnya terus dicari, apakah kekurangan tenaga guru ataukah fasilitas, ata mungkin gizi kurang, tetapi susah ditebak, sebab sekolah negeri selalu mendapatkan perhatian dari pemerintah sehingga terus didorong.

Meski begitu dia mengatakan, DPRD dan pemerintah tetap memperhatikan semua sekolah baik swasta maupun negeri, karena yang dididik di situ juga adalah anak-anak bangsa yang harus diperhatikan.



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 02-05-2018 21:34:39

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024