Manado, (Antaranews Sulut) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMK) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Utara, Senin.

"Waspadailah potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir hingga pukul 15.45 WITA," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Sutikno.

Cuaca ekstrem ini berpeluang terjadi di wilayah Kota Manado, Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Timur, Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud.

Kondisi ini, kata dia, dapat meluas hingga wilayah Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan dan Bolaang Mongondow.

Sutikno menambahkan, berdasarkan prakiraan cuaca harian, siang hari berawan dan berpotensi hujan bersifat lokal di Kota Manado, Bitung dan Airmadidi (Kabupaten Minahasa Tenggara).

Sementara potensi potensi hujan ringan di wilayah Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro), Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe) dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Selanjutnya, malam hari berawan dan berpotensi hujan bersifat lokal di wilayah Kota Kotamobagu, Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan) dan Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur) serta berpotensi hujan ringan di wilayah Kota Manado, Bitung, Tahuna dan Melonguane.

"Dini hari nanti cerah berawan di seluruh wilayah Sulawesi Utara," katanya.

Sutikno menambahkan, suhu udara berkisar 18-32 derajat selsius dengan kelembaban 55?95 persen, sementara kecepatan angin yang bertiup dari barat?selatan 10-20 kilometer per jam, jelasnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024