oleh Jorie M R Darondo

Manado, 31/3 (Antara) - Badan Narkotika Nasional? Kota Manado secara gencar melakukan komunikasi informasi edukasi (KIE) tentang pencegahan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba (P4GN) kepada masyarakat di wilayah itu.

Kepala BNN Manado AKBP Eliasar Sopacoly, di Manado, Sabtu, mengatakan penanganan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

"Untuk itu BNN secara rutin menggelar KIE P4GN baik itu kepada pelajar maupun komunitas masyarakat," kata Sopacoly.

 Sehingga diharapkan masyarakat, katanya, dapat mengerti tentang bahaya narkoba serta berkomitmen, menolak, mencegah penyalahgunaan narkoba.

Pelaksanaan KIE P4GN tersebut kepada masyarakat luas, seperti selama Februari 2018  BNN bekerja sama dan bersinergi dengan BBPOM Manado melaksanakan kegiatan tolak penyalahgunaan napza di kawasan Megamas Manado yang diikuti ribuan masyarakat.

Pada kegiatan itu dirangkai dengan "Deklarasi pelajar antinarkoba serta lomba mading antinapza.

Kemudian, BNN kota Manado bersinergi dengan wartawan Kota Manado dengan membentuk komunitas wartawan pelopor antinarkoba dirangkaikan dengan deklarasi wartawan pelopor antinarkoba, tes urine dan penyerahan bahan KIE P4GN seperti poster, stiker dan leaflet.

Kegiatan pencegahan juga gencar dilaksanakan di lingkungan pelajar dengan melaksanakan program cegah dini yaitu di TK Kartika, SD GMIM 05 Manado.

Sosialisasi bahaya dan dampak narkoba di lingkungan pelajar SMP Adven Tikala, SMP Cokroaminoto, SMP Kristen Lahai Roi, SMP Providensia, MTS PKP Manado dan SMP Negeri III Manado.

BNN Manado juga berkerja sama dengan TP-PKK Manado, PMI, dan Pemerintah Kecamatan Singkil melakukan pencegahan narkoba di lingkungan Kelurahan Karame.

Melaksanakan sosialisasi dampak dan bahaya penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat Jemaat GMIM Torsina Tumumpa Manado.

Serta melaksanakan dialog interaktif melalui media penyiaran seperti Kompas TV, Radio RAL FM dan Radio Sumber Kasih Manado. 

(T.J009/B/G004/G004) 31-03-2018 09:35:43

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024