Manado, 8/2 (Antaranews Sulut) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, Kamis, menyerahkan hasil verifikasi 16 partai politik (Parpol) yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 nanti.
"Hari ini semua tahapan verifikasi parpol baik administrasi maupun faktual sejak Oktober lalu, yang melewati tahapan perbaikan kami nyatakan selesai," kata Ketua KPU Manado, Drs.Jusuf Wowor,MSi di Manado, Kamis.
Wowor mengatakan, dalam tahapan tersebut, saat penelitian administasi Parpol diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan, kemudian sampai ke tahapan verifikasi faktual juga ada kesempatan melakukan perbaikan.
Dia menyebutkan, dalam tahapan verifikasi faktual yang diperiksa adalah susunan pengurus, ketua, sekretaris bendahara, kemudian keterwakilan 30 persen perempuan, kantor sekretariat dan sebaran keanggotaan berdasarkan KTA dan pencocokan dengan e-KTP juga diperiksa, hasilnya semua memenuhi syarat.
"Memang ada sejumlah parpol seperti Hanura yang sempat tak memenuhi syarat, karena masih ada yang kurang, namun setelah melakukan perbaikan, maka seluruhnya dinyatakan memenuhi syarat," kata mantan Ketua Program Ilmu Politik FISIP Unsrat itu.
Maka pada Kamis siang, kata Wowor, pihaknya menyerahkan seluruh hasil verifikasi kepada pengurus 16 Parpol yang dinyatakan memenuhi syarat di Manado, mengenai menjadi peserta Pemilu atau tidak akan ditentukan KPU pusat pada 17 Februari nanti.
Ketua Panwaslu Manado, Marwan Kawinda, SH, mengatakan, verifikasi Parpol yang dilaksanakan oleh KPU dalam pengawasan mereka, adalah untuk melaksanakan amanat UU nomor 7/2017.
"Jika tidak dilaksanakan, maka akan ada sanksi pidana, karena KPU melaksanakanya, dan kami sebagai salah satu penyelenggara Pemilu, ikut mengawasi supaya semuanya berjalan lancar," kantanya.
Dia mengakui ada sejumlah Parpol yang merasa terusik dengan penegasan Panwas yang minta verifikasi sampai kecamatan, dan mohon maaf namun menegaskan itu dilaksanakan untuk memenuhi amanat undang-undang.
Kawinda berharap, kiranya pada tanggal 17 Februari nanti, semua Parpol yang lolos di Manado, bisa ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019 nanti.
Sekretaris DPC Partai Hanura Manado, Rusli Umar, mengatakan, yakin kalau partainya akan sukses melewati tahapan verifikasi, meskipun terjadi pergantian di tingkat pimpinan namun semuanya dapat dilewati dengan sangat cepat.
"Kami siap menghadapi Pemilu nanti, dan sudah mengatur strategi dalam menghadapi Pemilu nantinya," katanya. ***2***
(T.KR-JHB/B/G004/G004) 08-02-2018 18:28:53

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Joyce Hestyawatie
Copyright © ANTARA 2024