Minahasa Tenggara, 18/1 (Antaranews Manado) - Plaza Ratahan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara menjadi bahan percontohan bagi sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Plaza Ratahan yang dibangun oleh Pemkab Minahasa Tenggara mulai menjadi percontohan oleh sejumlah daerah di Sulut, salah satunya dari Pemkab Minahasa Tenggara, terkait dengan pembangunannya," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Minahasa Tenggara Marie Makalow saat menerima kunjungan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Minahasa Utara di Ratahan, Kamis.

Dia menuturkan, kunjungan dari Pemkab Minahasa Utara tersebut untuk 'meminta resep' terkait keberhasilan Pemkab Minahasa Tenggara dalam pembangunan Plaza Ratahan tersebut.

"Mereka menanyakan soal upaya-upaya dari Pemkab Minahasa Tenggara yang bisa membangun kawasan perbelanjaan modern sendiri," katanya.

Lebih lanjut kata Marie, pihaknya menyampaikan jika pembangunan Plaza Ratahan tersebut merupakan upaya dari Bupati James Sumendap untuk menghadirkan kawasan perbelanjaan yang modern, dan meningkatkan perputaran ekonomi di daerah.

"Ini karena perjuangan bupati ke pemerintah pusat agar bisa mendapatkan anggaran, sehingga bisa direalisasikan untuk pembangunan kawasan perbelanjaan yang lebih modern," katanya.

Selain itu pada kesempatan tersebut juga, Marie menjelaskan upaya Pemkab Minahasa Tenggara menghadirkan pasar rakyat di seluruh kecamatan hanya dalam kurun waktu kurang dari lima tahun.

"Selain plaza, kami juga menjelaskan keberhasilan Pemkab Minahasa Tenggara membangun pasar di semua kecamatan dengan waktu kurang dari lima tahun," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga menyampaikan sejumlah program terkait pengembangan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Minahasa Tenggara.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024