Manado, 21/12 (Antara) - Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar apel pasukan untuk pelaksanaan Operasi Lilin Samrat 2017, dalam kaitan pengamanan hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, di Manado, Kamis.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam sambutan tertulis dibacakan Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito mengatakan, apel tersebut dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan termasuk kelengkapan sarana dan pra sarana pendukungnya.

"Serta keterpaduan unsur lintas sektorral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," katanya.

Ia mengatakan beberapa ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Natal seperti aksi sweeping oleh Ormas.

Operasi Lilin ini akan dilaksanakan terhitung mulai 23 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018 dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelejen dan penegakkan hukum.

Operasi ini melibatkan sebanyak 170.304 personil, yang terdiri dari 90.057 personil Polri, 20.070 personil TNI dan 60.177 personil dari instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya.

Sedangkan khusus Sulawesi Utara menurut Kapolda, melibatkan sebanyak 3.432 personil Polri ditambah dengan dengan instansi terkait dan potensi masyarakat.

"Gabungan personel ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru, khususnya di tempat-tempat ibadah, jalan-jalan perlintasan arus mudik dan arus balik, objek wisata, pusat perbelanjaan serta fasilitas transportasi yang akan digunakan seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan dan bandara," katanya.

Ia berharap partisipasi masyarakat dalam menjaga ketertiban keamanan masing-masing. ?Paling tidak kalau ada hal-hal yang mencurigakan agar disampaikan ke aparat, itu sudah sangat membantu sekali," katanya. ***2***
(T.J009/B/H005/H005) 21-12-2017 20:22:10

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor :
Copyright © ANTARA 2024