Tomohon, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Jimmy F Eman berharap, masyarakat memaksimalkan pasar rakyat yang baru saja dibangun pemerintah.

"Baru-baru ini ada dua pasar rakyat yang dibangun di Kecamatan Tomohon Barat dan Tomohon Selatan. Itu harus dimaksimalkan," kata Wali Kota Eman di Tomohon, Senin.

Tersedianya pasar rakyat di Kelurahan Tara-Tara (Tomohon Barat) dan Kelurahan Lansot (Tomohon Selatan) akan membantu petani lokal memasarkan produksi.

Petani, lanjut dia, dapat langsung melakukan transaksi dengan pedagang pengumpul tanpa harus mengeluarkan biaya operasional menuju "Pasar Beriman" yang menjadi pasar induk yang jaraknya lebih jauh.

"Ini sudah pasti akan menguntungkan bagi petani baik di Kecamatan Tomohon Barat dan Tomohon Selatan. Produksi pertaniannya dapat langsung terserap pasar karena jaraknya lebih dekat," ujarnya.

Begitupun dengan konsumen di dua kecamatan tersebut hanya membutuhkan waktu dan jarak tempuh singkat langsung mengakses pasar rakyat tersebut.

"Paling penting juga adalah kita dapat mengurai kemacetan yang biasanya menumpuk di pasar induk. Mudah-mudahan ini dapat dimaksimalkan," katanya.

Ke depan lanjut wali Kota dua periode itu, pasar rakyat akan dibangun di setiap kecamatan sehingga jarak antara konsumen dan pedagang semakin dekat.

"Pembangunan pasar rakyat sudah kami sampaikan kepada Menteri Perdagangan, mudah-mudahan di tahun 2018 kita mendapatkan kucuran dana dai pemerintah," ujarnya.

Politisi Partai Golkar tersebut menjelaskan, pembangunan dua pasar rakyat tersebut menyerap anggaran sekitar Rp200 juta.***3***





(T.K011/B/N002/N002) 04-12-2017 19:12:51

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024