Manado, 14/11 (Antara) - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kumapan yang beraktivitas di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai membiayai pensiunan hingga usia 80 tahun.

"Belum lama ini kami membuka skim kredit khusus pensiun hingga usia 80 tahun," kata Komisaris Utama BPR Kumapan Samuel Mandagie di Manado, Selasa.

Samuel mengatakan hal ini pihaknya lakukan karena potensi pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) di Sulut cukup banyak.

"Dan, pensiunan di Sulut telah membuka bisnis baru guna mendapatkan pendapatan yang lebih lagi," jelasnya.

Melihat pasar yang cukup baik ini, maka Bank Kumapan juga menyediakan skim kredit khusus pensiun bahkan sampai usia 80 tahun.

"Jadi kami memberikan pinjaman kepada pensiun yang produktif," jelasnya.

Harus diakui pensiunan di usia 80 tahun sudah sangat rentan, namun dijamin oleh asuransi.

"Minat pensiunan mendapatkan pembiayaan dari bank Kumapan cukup tinggi, sehingga pihaknya terus jaga agar tetap berkualitas," jelasnya.

Kualitas kredit tetap akan dijaga, karena mampu mempengaruhi kinerja perbankan secara keseluruhan.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut Gorontalo dan Maluku Utara Elyanus Pongsoda mengatakan non performin loan (NPL) BPR Sulut secara keseluruhan cukup tinggi.

"Sehingga dalam melakukan penyaluran kredit harus teliti dan disurvei terlebih dahulu, sehingga dijauhkan dari kredit macet," kata Elyanus.

Ia menjelaskan saat ini NPL BPR di Sulut secara keseluruhan sebesar 11,48 persen yakni berada jauh di atas Bank Indonesia yang hanya lima persen.***3***



(T.KR-NCY/C/I006/I006) 14-11-2017 14:04:52

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024