Tondano (AntaraSulut) - Gala Dinner Jambore Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Asean + 3 negara secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI DR Harry Hikmat, bertempat di gedung olahraga (GOR) Manguni, Senin(23/10).

Ketua Panitia Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial RI Adhy Karyono mengatakan ada beberapa bakti sosial yang dilaksanakan dalam kegiatan selama Jambore.

Diantaranya, pembersihan eceng gondok di Danau Tondano, penanaman pohon di kaki Gunung Lokon di Kota Tomohon, pemberian sembako kepada kusir bendi yang ada di Kabupaten Minahasa.

"Selain itu, ada juga pemberian bantuan sosial kepada korban bencana yang ada di Kecamatan Eris pasca bencana, pemberian kaca mata gratis, makanan tambahan kepada anak-anak, pemberian kalsium dan bubur kacang kepada lansia dan juga kaki tangan palsu kepada yang cacat," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow bersyukur atas dijadikan Kabupaten Minahasa sebagai tuan rumah dalam kegiatan Gala Dinner Nasional Tagana dan Asean+3 Negara.

"Selaku pemerintah menyambut baik kegiatan ini, karena merupakan kehormatan yang diberikan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kemensos RI," ungkap JWS.

Komandan Kodim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama mengatakan sebagai tuan rumah yang ada di wilayah teritorial, pihaknya tentu akan melakukan pengamanan kepada seluruh Tagana selama melaksanakan kegiatan Jambore Nasional.

"Karena ini merupakan wilayah teritorial dari Kodim 1302/Minahasa dan kami akan membantu terus guna mensukseskan kegiatan ini, apalagi ada beberapa negara yang ikut dalam kegiatan Jambore Nasional Tagana ini," ungkap Purnama.

Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024