Manado, (AntaraSulit) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memberikan apresiasi kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang telah membantu pengadaan sumur bor pada kawasan yang mengalami kesulitan air bersih di wilayah itu.

"Sedikitnya ada lima sumur bor yang dibangun Kementerian ESDM di wilayah Sulut. Hal ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat bagi kemajuan pembangunan daerah dan masyarakat," kata Gubernur Olly Dondokambey di Manado Minggu.

Gubernur menambahkan peningkatan jumlah penduduk dan intensitas kegiatan ekonomi saat ini, tidak diimbangi dengan ketersediaan air yang memadai.

Selain itu, terjadi juga pembukaan lahan guna keperluan perluasan daerah pertanian, perkebunan, pemukiman dan industri serta kurangnya pengelolaan sumber daya air terpadu dan konseptual.

"Masih banyak wilayah dan daerah kepulauan yang sangat sulit mendapatkan air sehingga membutuhkan sumur bor," ungkap Dondokambey

Sebelumnya, Menteri Ignasius Jonan bersama Gubernur Olly Dondokambey SE meresmikan secara simbolis lima unit sumur bor bagi masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan air bersih di Desa Warisa Kampung Baru, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara.

Menurut menteri sumber daya air termasuk di dalamnya air tanah adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri karena merupakan bagian yang cukup penting dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari mahkluk hidup.

Sehingga, menurut dia perlu dilakukan upaya oleh pemerintah untuk memanfaatkan sumber air tanah melalui eksplorasi dan pembangunan sumur bor air tanah yang secara hidrogeologis masih memungkinkan dijumpai kandungan air tanah dalam jumlah cukup memadai.

Pembangunan sumur bor air tanah beserta fasilitasnya di wilayah Provinsi Sulut sudah dilakukan Kementerian ESDM sejak tahun 2007 hingga tahun 2017 sebanyak 28 unit yang tersebar di kabupaten dan kota.

Bantuan lima unit sumur bor ini tersebar di Desa Warisa Kampung Baru, Kecamatan Talawaan (satu unit), Desa Maen Kecamatan Likupang Minahasa Utara (satu unit), Desa Teling, Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa(satu unit), Desa Pinapalangkow, Kecamatan Suluun Tareran Minahasa Selatan (satu unit) dan Kelurahan Lirang, Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung (satu unit).***4***





(T.K011/B/H007/H007) 22-10-2017 21:00:26

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024