Minahasa Utara, 12/9 (Antara Sulut) - Apel siaga dalam rangka "Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sulawesi Utara 2017 terpusat di lapangan upacara pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Selasa.
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam sambutan yang di bacakan Sekda Provinsi Sulut Edwin Silangen, mengatakan tujuan apel ini salah satu bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinam bahaya bencana kebakaran Hutan dan lahan.
"Hutan adalah Penyerasi dan penyeimbang kehidupan juga tempat berlindung keanekaragaman hayati oleh karenanya harus diurus, dikelola dan dilindungi sebaik-baiknya serta perlu kepedulian juga untuk keberlangsungan hidup generasi yang akan datang," ujar Silagen
Dalam sambutan, Silangen mengajak kepada seluruh pemangku jabatan dan pemangku kepentingan agar selalu berkoordinasi  serta selalu siap siaga dalam mencegah kerusakan bahkan kebakaran hutan dan lahan.
"Kita tahu bersama, hutan adalah kekayaan alam yang tidak ternilai yang dianugerahkan Tuhan kepada kita, dalam kedududkannya sebagai salah satu penyangga keselarasan kehidupan kami memegang prinsip lebih baik mencegah," ujar Silagen
Apel siaga itu dirangkaikan penyerahan bibit pohon secara simbolis dari Dinas  Kehutanan kepada perwakilan masing-masing pasukan peserta apel yang di serahkan oleh Forum komunikasi pimpinan daerah Provinsi serta dilanjutkan dengan atraksi simulasi  pemadaman kebakaran hutan dan lahan.
Silangen mengatakan, penghargaan dan terimakasih juga Apresiasi kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sulut dan jajarannya dan Bupati Minut serta jajarannya atas terlaksananya apel kesiapsiagaan ini.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, Kadis Kehutanan Prov Sulut Herry Rotinsulu, Ketua DPRD Kab Minut Berty Kapoyos, Dandim 1310 Bitung Letkol Deden Hendayana, SE, Paban Ops Lantamal VIII/Manado Letkol Laut E.J Sumapouw,Kapolres Minut  AKBP Alfaris Patiwael SIK.
Juga dihadiri Kajari Minut Rustiningsih SH.M.Si,Kepala PN  Airmadidi Agus Tjahjo Mahendra SH.MH Sekdakab Minut Ir Jemmy Hengky Kuhu MA, Kepala Basarnas Sulut Budi Cahyadi, Kepala BMKG Sulut Tri Cahyo serta Mewakili Danlanudsri Manado Kapten Kal Ismar Galih.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024