Minahasa, 29/8 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Minahasa mendaftarkan ratusan tenaga harian lepas dan cleaning service dalam kepesertaan Program Badan Penyelengara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK).

"Sebanyak 120 tenaga harian lepas dan cleaning service di Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa khususnya Bagian Umum diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan untuk jaminan kecelakaan kerja," kata Kepala Bagian (Kabag) Umum Pemkab Minahasa John Tendean, di Tondano, Selasa.

Dia menegaskan dengan diikutsertakan ratusan tenaga harian lepas (THL) dan cleaning servive (CS) itu adalah merupakan bagian dari program Pemkab Minahasa yang sudah diluncurkan Januari lalu.

"Ini merupakan program dari pak Bupati untuk mengikutsertakan pekerja THL maupun CS dalam BPJS Ketenagakerjaan. Melalui program ini sekaligus memberikan jaminan keselamatan kerja bagi para pekerja," katanya pula.

Tendean mengungkapkan para THL dan CS memang seharusnya mendapatkan jaminan ketenagakerjaan untuk mengantisipasi ketika terjadi kecelakaan pada saat melaksanakan tugas.

"THL dan CS pantas mendapatkan jaminan keselamatan kerja karena mereka sering bekerja hingga malam," katanya pula.

Kepala BPJSTK Sulut Asri Basri mengatakan tenaga kerja harian lepas di jajaran pemerintah juga wajib untuk dilindungi.

"Hanya dengan membayar iuran sebesar Rp16.800 per bulan akan dilindungi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian," katanya lagi.***4***



Budisantoso Budiman

(T.KR-FML/B/B014/B014) 29-08-2017 08:51:23

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024