Wali kota Bitung Maximiliaan J Lomban SE, MSi, membuka acara Sosialisasi Pengarusutamaan Gender tahun 2017,yang bertempat di ruang rapat lt.4 kantor Walikota Bitung.

    Dihadiri Kepala BAPPEDA kota Bitung  Marsiano Lomban sebagai ketua PUG (Pengarusutamaan Gender), sebagai narasumber Konsultan Gender dan Perencanaan Penganggaran Responsive Gender Drs. Bias Wilar, MSi, dan perwakilan BAPPEDA prov. Sulut Dra Yeni Palit, MSi. 

    Lomban mengatakan, dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini keadilan gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktivitas pembangunan, hal ini dikarenakan gender merupakan salah satu tujuan utama pembangunan global (Millenium Development Goals) adalah hasil dari negara-negara sedunia. Artinya semua laki-laki dan perempuan dapat dilibatkan secara optimal dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesetaraan. 

    Sebagaimana semboyan kita "Sitou Timou Tumou Tou", kita diharapkan mampu mewujudkan bangsa yang bisa memberi peran yang adil. 

    Menurut Lomban, sosialisasi PUG 2017 ini menjadi momentum dan langkah yang sangat strategis dalam rangka membangun kesadaran gender dikalangan aparat pemerintah dan masyarakat.

    Wali kota memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak dan seluruh panitia pelaksana atas upaya sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik. 

    Lomban berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat membuka wawasan kita semua untuk lebih memahami arti dan pentingnya kesetaraan gender,sehingga percepatan kesetaraan dan keadilan gender di kota bitung dapat tercapai. ***3***


Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024