Tomohon, (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara mencanangkan Program Kampung Keluarga Berencana di Kelurahan Tara-Tara, Kecamatan Tomohon Barat, Minggu.

"Pencanangan Program Kampung Keluarga Berencana merupakan wujud komitmen pemerintah dan masyarakat dalam bingkai kebersamaan meningkatkan pembangunan yang berwawasan kependudukan," kata Wali Kota Manadi Jimmy F Eman di Tomohon.

Program itu, lanjut dia, adalah salah satu cara Pemerintah Kota Tomohon menyukseskan Program Prioritas Nasional Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Nawa Cita.

"Nawa Cita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan RI," jelasnya.

Politikus Partai Golkar itu menambahkan program itu bertujuan meningkatkan kualitas hidup serta kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan lingkungan, serta derajat kesehatan masyarakat.

Selain itu, mendorong tersedianya data kependudukan yang akurat dan dukungan komitmen pemerintah daerah dalam menggerakkan partisipasi masyarakat secara aktif, serta pembangunan infrastruktur yang memadai.

Pada pencanangan Program Kampung Keluarga Berencana itu juga dirangkaikan dengan pengukuhan kelompok Pusat Informasi Konseling-Remaja (PIK-R).

"Pembentukan kelompok ini untuk memberikan informasi tentang kesehatan reproduksi remaja, pelayanan konseling dan rujukan, mengembangkan kegiatan yang khas sesuai dengan minat dan kebutuhan remaja, serta menciptakan remaja yang berperilaku sehat dan terhindar dari risiko seks bebas," ujarnya.***4***



(T.K011/B/A039/A039) 20-08-2017 20:44:12

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024