Tomohon, (AntaraSulut) - Menteri BUMN Rini Soemarno disambut Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara Jimmy F Eman saat mengunjungi daerah berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu, Kamis.

Saat berada di Tomohon, Menteri Rini menyempatkan diri menyaksikan Pagelaran Senin Budaya serta melihat kendaraan hias peserta "Tomohon International Flower Festival" 2017. 

"Ini merupakan suatu kehormatan bagi Kota Tomohon saat dikunjungi Menteri BUMN. Ibu Rini sangat senang saat menyapa masyarakat dan melihat potensi yang ada di Kota Bunga ini," jelas Wali Kota. 

Pertemuan ini juga Eman memaparkan keunggulan potensi yang dimiliki, salah satunya pariwisata dimana Kota Tomohon sementara menggelar festival bunga internasional hingga 12 Agustus mendatang. 

Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang diminati para wisatawan asing maupun mancanegara, ada beberapa lokasi yang sering didatangi Gunung Mahawu, Danau Linow, dan Air Terjun yang tersebar, katanya. 

Menteri Rini mengatakan, nantinya Kementerian akan melihat hal apa yang dapat dilakukan kementerian BUMN untuk menunjang program-program pembangunan di Kota Tomohon untuk meningkatkan perekonomian.

Menteri juga memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Tomohon atas upayanya meningkatkan perekonomian melalui salah satu iven TIFF.

festival bunga ini diyakini Menteri dapat memberikan "multiplier effect" terhadap kesejahteraan masyarakat. 

Dalam kesempatan ini, Menteri BUMN  menyempatkan diri meninjau dan foto bersama Wali Kota dan masyarakat Tomohon di lokasi kendaraan hias dan pameran, Kompleks rindam kakaskasen. 

Menteri juga turut menyaksikan pagelaran seni dan foto bersama siswa-siswi SD/SMP peserta lomba. 

Kunjungan utama Menteri ke "Kota Bunga" itu adalah melihat langsung Pertamina Geothermal Energy Lahendong dan Pabrik Gula Aren di Tondangouw, Kecamatan Tomohon Selatan. 

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024