Tomohon, (Antara) - Pemerintah Kota Tomohon berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah(Polda) Sulawesi Utara menyukseskan pelaksanaan "Tomohon International Flower Festival" (TIFF) 8-12 Agustus mendatang.

"Koordinasi ini berkaitan pengamanan selama pelaksanaan festival bunga internasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat," kata Wali Kota Jimmy F Eman di Tomohon, Rabu.

Wali Kota menjelaskan, "TIFF 2017" mengusung tema "The 7 Wonders Of Tomohon" dan akan menyuguhkan lima agenda utama.

Kelima agenda tersebut yaitu "Tournament Of Flower" (8 Agustus ), Kontes Ratu Bunga Nusantara (7-10 Agustus), "Tomohon Flower Carnival" (8 Agustus), "Tourism, Trade Investment and Floriculture Expo" (9-12 Agustus), serta Pagelaran Seni Budaya Nusantara (9-12 Agustus).

"Selain kegiatan utama, ada juga ajang tambahan menarik yaitu pengucapan syukur Kota Tomohon tanggal 6 Agustus dan pemecahan rekor muri pembuatan nasi jahe tanggal 7 Agustus," kata Wali Kota menambahkan.

Selain sudah menjadi agenda event tahunan Pemkot Tomohon, "TIFF" juga sudah masuk dalam "Calendar Of Event" Kementerian Pariwisata RI, ujarnya.

"Iven internasional ini membutuhkan pengamanan. Kami berharap ada dukungan penuh jajaran kepolisian," harap Wali Kota.

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito menegaskan Polda Sulut siap menyukseskan TIFF 2017.

"Soal pengamanan kami siap dengan personil dan berbagai satuan yang ada, termasuk pengamanan para tamu negara bersama pejabat daerah ataupun tamu lain dari dalam dan luar negeri," ujarnya.

Pada pelaksanaan "Tournament Of Flower" atau pawai kendaraan hias yang menggunakan jalan utama, Waskito mengatakan, jajaran kepolisian akan mengatur sepenuhnya keadaan lalulintas sehingga memberikan kenyamanan bagi warga ataupun wisatawan yang menonton.

"Kami berharap pada saat pengucapan syukur masyarakat tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Personel kami akan melakukan razia minuman beralkohol," tegasnya.

Jenderal bintang dua itu menambahkan, jajarannya akan ikut berpartisipasi pada pelaksanaan "Tournament of Flower" nanti seperti atraksi kendaraan serta lainnya.***1***





(T.K011/B/G004/G004) 19-07-2017 19:17:35

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024