Manado, (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengharapkan sistem penyelenggaraan pemerintahan berjalan efektif dan efisien yang ditandai dengan kesiapan berkompetisi memasuki era global.

"Peran dan fungsi pemerintah daerah menjadi sangat penting dan sentral mewujudkan dinamisasi dan stabilisasi roda pemerintahan serta pembangunan nasional," kata Gubernur di Manado, Rabu.

Gubernur pada "Rakor Sinkronisasi Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Serta Peningkatan Kapasitas Kerja" mengatakan efisiensi dan efektivitas harus dikedepankan menuju optimalisasi pelayanan publik.

Penyelenggaran sistem pemerintahan yang efektif dan efisien yang terus dilakukan adalah mendukung arah kebijakan pembangunan agenda proritas nawa cita serta memfasilitasi penyelesaian perselisihan batas daerah secara partisipatif.

Selanjutnya, percepatan pelayanan publik dengan membentuk pelayanan terpadu satu pintu, pembinaan ketentraman dan ketertiban umum, menjaga sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah.

"Tidak kalah pentingnya adalah penanganan kawasan khusus perkotaan, pertanahan dan batas antara negara serta evaluasi pelayanan publik," ujarnya.

Dari rakor ini, harap Gubernur, akan menjadi sarana mensinergikan langkah menggalang persatuan dan kesatuan mendorong pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas dan menyeluruh.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jemmy Kumendong rakor untuk memudahkan dan memberikan pemahaman kabupaten dan kota menyangkut peran dan fungsi pemerintah daerah dan pusat.

"Dari pemahaman terhadap kewenangan itu, pemerintah kabupaten dan kota memahami dengan baik payung hukum yang ada yang pada gilirannya dapat membangun koordinasi dengan baik," katanya.***2***







(T.K011/B/B015/B015) 21-06-2017 11:59:12

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024