Tondano (AntaraSulut) - Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow mengingatkan para hukum tua(Kumtua) yang baru dilantik agar jangan menciptakan sekat atau pemisah di masyarakat.

"Tugas Kumtua sangat berat karena menjadi pamong di desa dan menjadi panutan. Oleh karena itu kepada Kumtua yang sudah dilantik saya harap dapat menarik simpati dari warga. Jangan membangun sekat apalagi membeda-bedakan masyarakat. Saat ini anda-anda sudah menjadi Kumtua milik seluruh rakyat jadi mari layani mereka dengan baik serta dengarkan keluhan," katanya saat melantik tujuh Kumtua, Rabu.

Bupati JWS mengatakan, Kumtua terpilih yang baru saja dilantik kiranya bisa merangkul masyarakat yang ada dan dapat mendengarkan akan setiap pengeluhan warga.

Selain itu, dirinya mengimbau, dengan adanya bantuan pemerintah Kumtua bisa mengelola dengan baik dan bijak.

"Dana Desa (Dandes)  sudah mencapai Rp1 miliar tiap desa, jadi kepada Kumtua kiranya mengelola dengan baik dan bijak. Apa yang menjadi hak rakyat berikan kepada rakyat, bangun apa yang rakyat mau bukan maunya Kumtua," tuturnya.

Bupati JWS mengajak, masyarakat agar mendukung sepenuhnya kerja Kumtua dan menanggalkan setiap perbedaan yang ada.

"Dalam setiap pemilihan pasti ada yang kalah dan menang, dan Kumtua yang dipilih ini pun adalah pilihan Tuhan jadi mari dukung bersama. Tunjang program pemerintah yang ada. Silahkan usul apa yang perlu untuk diusulkan dan dibangun namun yang utama jaga kebersamaan dan persatuan guna kemajuan dan kemakmuran desa," tandasnya.

Kumtua yang dilantik Bupati Minahasa yakni Refly Kamasih Desa Rinondor, Kelly Jemmy Rempas Desa Pahaleten, Kecamatan Kakas, Marlein Kalamentik Desa Wasian, Viane Batas Desa Kalawiren, Kecamatan Kakas Barat serta Laudy Maliangkay Desa Karondoran, Ferantje Rondonuwu Desa Teep, Billy Memah Desa Amongena Satu Kecamatan Langowan Timur.

Turut hadir dalam pelantikan diantaranya, Ketua Dekab Minahasa James Rawung, bersama anggota lainnya diantaranya Imelda Nofita Rewah, Feybe Sanger, Denny Kalangi juga Asisten I Denny Mangala, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Djefry S. Sajow, sejumlah Kepala OPD serta camat di wilayah pelantikan.



Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024