Manado, (AntaraSulut) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga(TP-PKK) Sulawesi Utara Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan mengatakan peningkatan kapasitas kader penting untuk membantu kesejahteraan keluarga.

"Potensi sumber daya alam yang ada di sekitar kita harus dioptimalkan. Karena itu, kapasitas kader TP-PKK harus mampu memanfaatkan potensi tersebut," kata Rita Dondokambey di Manado, Rabu.

Istri Gubernur Olly Dondokambey tersebut mengatakan mewujudkan kesejahteraan keluarga, TP-PKK tidak sendirian karena akan disinergikan dengan program pemerintah daerah.

"Kita telah menjadi mitra pemerintah untuk mewujudkan kesejahteran dan keadilan dalam masyarakat," tegasnya.

Karena itu dia berharap, seluruh kader PKK di Sulut menciptakan kreativitas untuk mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Karya nyata yang dapat dilakukan kader PKK adalah mengembangkan kerajinan tangan, makanan dan minuman yang nantinya dapat dijual untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi, ujarnya.

"Bila kreativitas seperti ini dilakukan, saya optimistis mampu mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga," katanya menambahkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (DPM-DD) Drs Royke H Mewoh, DEA mengatakan kader PKK menjalankan fungsi penting dalam pembangunan desa.

"Hal itu dapat dilakukan dengan mengusulkan sepuluh program pokok PKK pada saat pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan desa. Misalnya pelaksanaan kegiatan di badan usaha milik desa," katanya.

Kesepuluh program PKK tersebut, kata dia, penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, mengembangkan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

Dia menambahkan peningkatan kesejahteraan keluarga adalah bagian dari bagaimana mengurangi angka kemiskinan seperti program yang saat ini dilakukan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw melalui "Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan".***4***





(T.K011/B/G004/G004) 12-04-2017 21:05:20

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024