Manado, 5/4 (Antara) - Air mineral produksi dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah memenuhi standar Nasional Indonesia, bahkan dengan hasil yang sangat baik.

"Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan pengawasan dan uji laboratorium terhadap air mineral di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut Hanny Wajong di Manado, Rabu.

Dia mengatakan pada 2016 pihaknya mengawasi sejumlah perusahaan air mineral baik lokal dan nasional untuk diuji laboratorium apakah layak dikonsumsi atau tidak.

Ia menjelaskan di tahun lalu tersebut, Disperindag membawa sampel air mineral Aqua, Club dan AKE ke Kementerian Perdagangan RI untuk dilakukan pengujian, dan tahun ini telah keluar surat resminya, bahwa ketiga produk tersebut layak dikonsumsi.

"Ini merupakan produk yang dikonsumsi langsung oleh masyarakat, sehingga pemerintah harus mengambil langkah-langkah yang tepat agar tidak membahayakan konsumen," jelasnya.

Dia menjelaskan dari ketiga produk air mineral tersebut, ternyata sesuai hasil Komite Akreditasi Nasional sebagai Laboratorium penguji yang paling baik yakni air mineral produksi Sulut yakni AKE.

"Karena ada sejumlah karakter dalam air tersebut yang hasil pengujiannya masih di bawah batas syarat SNI," jelasnya.

Memang harus diakui, katanya, ada sejumlah air mineral produksi lokal dan nasional di Indonesia bahkan ada dari luar negeri, namun secara bertahap untuk diuji kelayakannya.

Program ini merupakan anggaran pusat yakni APBN, dan tahun ini ada juga program serupa tapi untuk produknya masih menjadi rahasia.

"Kami tidak akan memberitahukan produk apa yang akan diambil sampelnya, sehingga menguji kejujuran pelaku usaha, jika kedapatan tidak wajar, pemerintah akan tindak tegas," jelasnya.***3***

(T.KR-NCY/B/E008/E008) 05-04-2017 16:53:35

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024